Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Harga Emas 22 Karat di Pasaran? Ini Ulasannya

Meskipun setiap hari mengalami fluktuasi harga, namun berinvestasi emas merupakan hal yang menguntungkan. Salah satu emas yang dapat Anda gunakan untuk berinvestasi yaitu emas 22 karat yang saat ini banyak dicari untuk berbagai kepentingan. Lalu berapa harganya? Simak ulasannya berikut ini.

Emas Sebagai Sarana Investasi

Emas merupakan produk yang mempunyai harga fluktuatif setiap harinya. Perubahan harga emas dipengaruhi oleh kondisi ekonomi global. Emas cocok digunakan sebagai investasi jangka panjang karena, dipercaya dalam jangka watu 5 – 10 tahun harga emas akan naik.

Hingga saat ini, emas juga menjadi cadangan devisa di setiap negara. Cadangan devisa merupakan sebuah aset yang yang dimiliki oleh bank sentral.

Apa yang Dimaksud dengan Emas 22 Karat?

Sebuah emas murni mempunyai kadar emas 24 karat. Setiap karat dari sebuah emas mengandung 1/24 dari keseluruhan. Sedangkan yang dimaksud dengan emas 22 karat berarti memiliki kandungan emasnya 22 bagian, sedangkan untuk 2 bagiannya lagi berasal dari jenis logam lain.

Kode Emas 22 Karat

Setiap emas mempunyai kode tersendiri sehingga mempermudah pembeli untuk mengengetahui kadar dari emas tersebut. Kode-kode emas sangat banyak, sehingga Anda harus memperhatikannya dengan teliti. 

Emas 22 Karat

Kode untuk emas 22 karat yaitu 700 – 750. Kode tersebut merupakan kode emas yang menunjukkan bahwa kadar kemurnian emas 22 karat lebih dari 70%. Ada beberapa produk yang tidak terdapat kodenya. Jika seperti itu, sebaiknya tanyakan langsung mengenai kadarnya pada penjualnya.

Harga Emas 22 Karat

Harga emas tergantung dengan kadar karatnya. Semakin tinggi kadar karat emas maka harganya pun juga semakin tinggi. Dilansir dari Indogold.id pada tanggal 22 Oktober 2021, harga jual emas 22 karat adalah Rp. 815.722 sedangkan untuk harga belinya sebesar Rp. 684,812.

Harga emas yang mengalami fluktuasi setiap harinya, membuat nilainya juga terus berubah. Harga di atas merupakan asumsi harga pasaran lokal. Setiap daerah memiliki harga yang berbeda-beda tergantung pada masing-masing pedagang.

Bagaimana Cara Memilih Kadar Emas?

Jika Anda ingin membeli perhiasan sebagai investasi, pertimbangkan kualitas dan harganya. Kualitas perhiasan yang baik biasanya terbuat dari campuran emas sebesar 75% dan perak sebesar 25%. Emas tersebut memiliki warna emas yang mengkilat dan sangat cantik apabila terkena cahaya.

Bagi kaum milenial, ada pula beberapa orang yang memilih perhiasan dengan campuran emas sebesar 75%, tembaga 20%, dan seng 5%. Pencampuran tersebut menghasilkan warna pink gold dan sedikit berbias merah jambu, meskipun tidak begitu mengkilap.

Bagi Anda yang ingin membeli perhiasan emas, sesuaikan dengan keinginan dan budget yang ada. Hal tersebut juga menjadi salah satu kelebihan perhiasan emas karena dapat dibeli sesuai dengan keuangan Anda.

Tips Membeli Emas

Tips pertama untuk membeli emas yang aman adalah membeli emas ketik harganya turun. Adapun tips lain yaitu cek kadar karat emas, semakin tinggi karatnya maka semakin berkualitas emas tersebut. Selanjutnya cek kondisi emas yang akan dibeli, pastikan emas tersebut tidak ada goresan (cacat).

Sebaiknya Anda membeli emas di toko yang mempunyai  reputasi yang baik dan terpercaya karena setiap toko mempunyai emas dengan kualitas yang berbeda. Tips terakhir yaitu jangan membeli perhiasan yang berlapis emas karena tidak dapat digunakan sebagai investasi.

Itulah ulasan mengenai emas 22 karat beserta harganya. Jika ingin membeli emas, jangan ragu untuk menanyakan kadar emas dalam persentasenya sehingga dapat Anda gunakan sebagai patokan harganya.

Posting Komentar untuk "Berapa Harga Emas 22 Karat di Pasaran? Ini Ulasannya"